Rabu, 07 Desember 2016

Komunitas CAC Coin A Chance Send kids Back To school


Yogyakarta- komunitas Coin A chance(CAC) merupakan sebuah komunitas yang memiliki misi sosial yang memberikan beasiswa pendidikan kepada setiap anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi melalui recehan atau uang logam. Dengan slogan salam receh komunitas CAC ingin mengajak masyarakat untuk peduli bahwa dengan uang logam sekalipun masyarakat bisa ikut andil dalam membantu anak anak yang kurang mampu agar tetap bersekolah.
Berawal dari gerakan CAC di Jakarta pada tahun 2008, yang kemudian menyebar di 13 kota besar di indonesia salah satunya adalah Yogyakarta. Komunitas CAC Yogyakarta berdiri pada tahun 2009. Coin A chanceYogyakarta sendiri terletak di Jalan Kaliurang Km 7,3 Jurugsari IV No. 9 Yogyakarta. Tujuan utama CAC adalah untuk membantu anak anak kurang mampu tanpa terkecuali dengan cara memberikan beasiswa dari SD hingga lulus SMA. Besaran beasiswa yang diberikan bervariasi dimulai dari SD 250.000, SMP 500.000, dan SMA sebesar 1.000.000. Uang tersebut diberikan kepada anak-anak setiap satu semester atau enam bulan sekali.
Anjas, koordinator event CAC mengatakan Coin A chance sendiri ingin memberikan kesempatan kepada anak anak yang kurang mampu untuk tetap bersekolah, sehingga ia tetap mempunyai masa depan yang cerah. Sampai saat ini total anak yang mendapatkan beasiswa ada 29 anak.
Banyak divisi yang terdapat dalam coint a chanceini ada divisi event, finance, admin, kreasi, dan juga divisi pendampingan. Divisi pendampingan ini merupakan divisi yang terjun langsung kelapangan untuk membantu dan mendampingi perkembangan adik asuh yang mengalami kesulitan dalam proses belajarnya.
Sebenarnya voluenter di CAC terbagi dalam beberapa divisi ada event, finance, admin, kreasi, dan juga divisi pendampingan. Tapi yang sering terjun kelapangan sih divisi pendampingan karena mereka yang pantau langsung dan mendampingi anak anak yang kesulitan dalam proses belajar” ungkap Anjas
Sementara itu, kegiatan rutin yang sering dilakukan komunitas ini adalah Coin Collecting Day. Coin Collecting Day merupakan kegiatan rutin dimana recehan yang sudah terkumpul dari celengan-celengan yang telah tersebar dihampir 30 lokasi tempat makan dan hiburan (dropzone) dihitung dan dikumpulakan menjadi satu.
Selain dari donatur, biasanya kita juga mengumpulkan uang lewat kegiatan Coin Collecting Day, jadi kita menyebarkan kaleng-kaleng ketempat-tempat yang biasa buat nongkrong atau kumpul anak muda. Nanti kita menaruh kaleng-kaleng itu ditempat kasir. Tempat tempat yang biasanya kita taruh sih ada di jolie, radio swaragama, Dagadu Jogja dll. “ papar anjas.

Ditulis Oleh : Ulfa Anjarwati 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar