Selasa, 26 Januari 2016

Hewan Peliharaan Penghilang Stres

 Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi hiburan tersendiri. Banyak orang yang menumpahkan rasa sepi dan sedih dengan bermain bersama hewan peliharaan mereka. Binatang kesayangan pun bisa menjadi obat pelipur lara dengan hanya mengurus atau melihat tingkahnya yang lucu. Oleh karena itu sang pemilik rela mengorbankan finansial mereka demi yang terbaik untuk peliharaan kesayangannya.
Seperti halnya Yudi, warga perumahan Nusa Indah yang memiliki dua ekor anjing dan seekor kucing Persia. Baginya memelihara hewan merupakan hobi yang dapat menghilangkan stres. Salah satu hewan peliharaan favoritnya adalah anjing jenis Siberiian Husky, anjing kutub yang mirip dengan srigala. Untuk perawatannya sendiri ia sudah menganggarkan dalam satu bulan kurang lebih Rp.900.000 sampai Rp 1.000.000 sudah termasuk makan. Baginya dana tersebut sebanding dengan jenisnya yang merupakan anjing ras. “Harus di tempat ac karena ini kan asalnya dari kutub. Terus dia juga rentan sama penyakit jadi harus dijaga banget dalam merawatnya. Flu dikit aja udah repot banget. Dia juga alergi sama daging ayam. Jadi dia makannya dog food sama daging sapi.” Ungkap Yudi ketika menjelaskan bagaimana duka dalam memeliharanya.
Exel, Yudi memberi nama, dibeli seharga Rp 4.000.000. Anjing yang sudah berumur 3 tahun ini merupakan binatang peliharaannya yang paling mahal sementara kucing persianya merupakan harga beli termurah, pun biaya perawatannya.
Sama dengan Destiana. Mahasiswa Universitas Tidar Magelang ini adalah salah satu pemelihara hewan kesayangan. Ia sendiri sudah memiliki 5 ekor kucing jenis persia dan kitten. Baginya hobi memelihara hewan itu asik. Bisa sebagai teman main dan hiburan. Dalam merawatnya Desti mengaku cukup mudah. “Tinggal kasih makan dua kali sehari pagi dan malam sama tiap bulan dimandikan.” Ceritanya.
Dalam sebulan Desti mengeluarkan kurang lebih Rp 150.000 per kucing sebagai biaya perawatan. Sementara harga belinya ketika itu dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Menurutnya mengeluarkan uang untuk hewan kesayangan bukan suatu masalah karena lebih banyak suka yang diperoleh dibanding dukanya. “Kucingku tuh lucu, ngegemesin, nurut, nggak rewel. Paling yang nyebelin pupnya itu suka sembarangan.” Ujarnya.
Memelihara binatang memang gampang-gampang susah. Yang terpenting kita memahami bagaimana cara perawatan dan rajin melakukan. Jika tertarik menjadi penggemar hewan peliharaan, Yudi memiliki saran sebelum membeli. “Sebaiknya belilah ketika masih kecil supaya ikatan batin dengan pemiliknya lebih kuat.” (crew)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar