Senin, 15 Februari 2016

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Magelang bertambah

Magelang-Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Magelang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Adapun data dari tahun 2011 terdapat 4 orang, tahun 2012 ada 12 orang, tahun 2013 ada 47 orang, dan tahun 2015 kemarin mencapai 79 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang Hendarto mengatakan rata-rata penderita HIV/AIDS berasal dari warga rantau. "Tapi masyarakat Kabupaten Magelang sendiri tidak bisa dipungkiri juga ada," terangnya, Rabu (03/02/2016).

Akibat jumlah penderita HIV/AIDS yang terus meningkat, membuat Pemerintah Kabupaten Magelang mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait penanggulangan HIV/AIDS. "Diusulkannya Raperda supaya HIV/AIDS tidak terus menerus berkembang," jelas Hendarto.
Untuk mengantisipasi terjadinya jumlah penderita yang semakin bertambah, Dinkes akan membuka klinik IMS yang memeriksa penyakit menular karena seks dan klinik Visite yang melayani pengobatan pasien HIV/AIDS. "Selain itu tentunya kami juga bekerja sama dengan beberapa rumah sakit swasta di Kabupaten Magelang," lanjut Hendarto.

Terkait merebaknya penderita HIV/AIDS, Wulan selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) mengaku cemas terhadap perkembangan tersebut. "Ya semoga saja tahun ini Dinkes bisa mengatasi permasalahan tersebut secara optimal. Supaya tahun ini tidak terjadi peningkatan lagi." harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar