Senin, 20 Mei 2013

Yogya Pusat Buku Murah



Yogyakarta sebagai ikon kota pelajar di negeri ini. Telah memiliki sekitar 160 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Banyaknya Perguruan Tinggi menjadikan Yogya ramai akan pelajar. Dengan kultur yang ramah dan tenang. Yogya bukan hanya dihuni para pelajar saja. Para wirausahawan datang dan bergerilya untuk menyalurkan hidup mereka. Melihat kota Yogya sebagai ikon kota pelajar. Banyak yang memanfaatkan hal itu dengan jualan buku.
Hingga sampai saat ini toko buku di Yogya berkembang pesat. Bahkan sekarang Yogya memiliki pusat buku murah. Shoping Center itulah pusat toko buku murah yang sering dikenal oleh kalangan pelajar bahkan masyarakat luas. Berlokasi di kawasan komplek taman pintar dan di sebelah selatan pasar berinharjo dan malioboro. Kini Shoping Center telah dikenal diberbagai kalangan untuk belanja buku.
Menurut Bapak Sukardja (51) selaku anggota pengurus komplek buku taman pintar, “komplek ini sangtlah startegis karena dekat dengan 0 km.  dan terletak dikawasan tengah-tengah kota Yogya. Selain untuk berbelanja buku, kita juga bisa berwisata edukasi” cetusnya.

Komplek buku yang beroprasi mulai tanggal 26 Juli 2005 dan merintis sejak 40 tahun yang lalu. Pemilik komplek buku taman pintar ini adalah HJ Mas’ud yang juga pemilik salah satu  toko buku di Yogya. Komplek buku ini sangat terkenal di Yogya. Sebagai kota pelajar pastinya tidak akan luput dari buku. Di kompleks ini buku yang dijual disini harganya lebih miring daripada buku yang dijual di toko buku besar. Tidak hanya asal murah, di sini juga menjual koleksi buku yang langka (tidak diterbitkan lagi) sampe yang terbaru, mulai dari buku untuk anak-anak sampai orang dewasa. Seperti majalah anak, novel, kamus, buku untuk dunia perkuliahan dll.  Buku bekas pun ada disini. Harganya mulai dari 30 ribu rupiah sampe 5 juta untuk buku yang langka atau sudah tidak ditebitkan lagi.
Dengan buku yang relativ murah. Pastinya pelajar sangat menikmati akan hal ini. Karena buku merupakan media terpenting dalam menunjang pengetahuan. Dengan buku yang murah diharapkan para pelajar akan menjadi pintar. Sehingga kelak agar bisa merubah negeri ini menjadi lebih baik lagi.

 (fian-sofi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar