Selasa, 21 Mei 2013

Persiapan PEMILWA Simpang siur ?




UIN SUNANKALIJAGA- Merupakan salah satu universitas Islam Negeri  yang terdapat di  Yogyakarta. Sosialisai  Pemilihan mahasiswa yang akan dilaksankan pada 3 juni 2013 ternyata belum maksimal  terbukti masih banyak mahasiswa yang belum tau akan kapan dilaksanakan dan fungsi pemilwa itu sendiri.
Sungguh sangat ironis sekali jika melihat kenyataannya ketika tinggal hitungan minggu sudah mendekati pelaksanaan pesta demokrasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga ternyata masih banyak mahasiswa yang belum paham tentang pemilwa ini, jika seperti ini maka nilai-nilai yang terkandung dalam proses pemilwa  akan terasa sia-sia. Padahal jika kita melihat fungsi dari pemilwa itu sendiri sungguh sangat menyedihkan jika Mahasiswa kurang pemahami peroses pembelajaran dari pemilwa tersebut. Ada beberapa fungsi dari pemilwa diantaranya menjalankan Demokrasi politik kampus, memberikan sarana kepada Mahasiswa  dalam menggali potensi diri untuk berpolitik secara sehat dan untuk menentukan masadepan kampus apakah maju, stagnan di tempat atau bahkan mundur.
Dari permasalah tersebut Reporter Bukit mencoba untuk mewawancarai beberapa mahasiswa Fakultas Dakwah. Puput inawati sejati Mahasiswa KPI Angkatan 2011 mengungkapan,” Sosialisasi tentang pemilwa belum maksimal karena hanya melalui spanduk tidak di beritahukan secara lisan sehingga mahasiswa tidak paham akan pemilwa itu sendiri,. Namun meski saya kurang paham akan pemilwa ini ada secerca harapan kepada teman-teman yang akan maju untuk pemwakili asprasi teman-teman mahasiwa agara benar-benar tahu akan tanggung jawabnya sebagai pemimpin tidak semata-mata ingin meraih jabatan saja”. Hal yang serupa juga di ungkapan oleh Rahman Rifki Mahasiswa MD Angkatan 2011 “saya kurang paham akan maksud dan tujuan pemilwa itu sendiri karena menurut saya sosialisai yang diberikan kepada pihak KPUM tidak maksimal karena tidak melalui lisan”. Berbeda dengan Fatul Rohman mahasiswa KPI angkatn 2012 yang mengungkapkan” sepertinya masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki oleh pihak yang di beri tanggung jawab untuk menjalankan atau memimpin pelaksanaan pemilwa seperti KPUM dan masih banyak kejanggalan yang perlu di perbaiki seperti ketidaktransparannya pembukaan pendaftaran calon anggota KPUM yang seharusnya bisa di ikuiti oleh semua Mahasiswa dan maju-mundurnya pelaksanaan pemilwa yang membuat antusias mahasiswa berkurang.”
Dari keterangan teman-teman mahasiswa diatas bahwa sudah jelas sekali jika pihak yang diberikan wewenang oleh pihak Rektorat seperti KPUM untuk melaksankan pesta demokrasi mahasiswa ini belum bekerja secara maksimal karena masih banyak teman-teman mahasiswa yang belum paham akan fungsi dan tujuan dari pemilwa itu sendiri.

Aziz – Anya’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar