Selasa, 21 Mei 2013

Kacamata media masa cetak




Salam cinta sahabat bukit,,,,,
Bagi yang suka menulis, Ini nih bukit punya tips agar tulisan kita tidak hanya menjadi koleksi pribadi. Tapi, bermafaat bagi orang lain.   Mau tau caranya? Ya….salah satunya melalui media masa cetak. Tapi tak hanya terkadang, tulisannya udah bagus, judulnya menarik , aktual dan faktual, pilihan diksinya oke, pokoknya sudah sesuai bobot tulisan di koran koran dah, masih aja ditolak oleh redaksi bikin greget gak sih? Hehhee,,,santaeee, kagak usah emosi apalagi putus asa, mungkin ada satu yang belum kita pahami yaitu kurang tepat sasaran dalam mengirim  tulisan.
Sutirman Eka Ardhana, Redaktur Kedaulatan Rakyat sekaligus Dosen Hukum dan Etika Jurnalistik, UIN Sunan Kalijaga mengatakan “Kalau Anda ingin mengirim tulisan, seperti artikel, esai, dan lainnya, maka sesuaikanlah dengan gaya, warna dan kecenderungan pilihannya. Bila tulisan Anda tidak sesuai dengan gaya, warna dan kecenderungan temanya, maka sudah pasti tulisan Anda akan ditolak.
Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, bukit ada bocoran nih dari buku “Menembus KORAN” cara jitu menulis artikel layak jual karya Bramma Aji Putra. Gak usah dipelototin, hehhee dibaca aja sambil ngopi atau apalah, yang penting enjoy tapi harus dipraktekkan lho ya,,,,,hehehe….
  • ·         SKH Kedulatan Rakyat
Nama Rubrik : Suara Mahasiswa
Hari tayang :Selasa
Tema : Bebas, artinya tema tulisan terserah pada kita, tidak ditentukan pihak redaksi.
Meski bebas biasanya topik yang disukai oleh redaktur pendidikan Kedaulatan Rakyat untuk kolom suara Mahasiswa tak jauh jauh dari soal pendidikan . Semacam tulisan kritis tentang pelaksanaan uijian nasional  misalnya. Tapi memang, isu isu aktual kerap dimuat dalam rubrik ini.  Bahkan tema tema tentang politik yang sedang berkembangpun memiliki probabilitas dimuat cukup besar, apalagi berita terkait  kota Yogyakarta.
Tips : Untuk membuat tulisan yang memiliki peluang besar dimuat dalam rubrik ini , anda bisa mengawali artikel dengan uraian yang diambil  dari berita SKH Kedaulatan Rakyat. Bahkan  tak masalah anda menggunakannya untuk satu paragraph. Yang penting anda cantumkan tanggal berita. Misalnya,
“ menyedihkan. Begitulah wajah dunia pendidikan di kota Yogya. Betapa tidak, ribuan ijazah illegal alias palsu diobral murah. Seperti yang diberitakan Kedaulatan Rakyat (11/3) bahwa……”terus sambung dengan pikiran anda sendiri. Jangan lupa sebisa mungkin beri solusi yang dapat ditawarkan!)
Panjang tulisan : 2.500 – 3.000 karakter atau 2-3 halaman kwarto spasi ganda.
Pengiriman :Print out, kirim langsung ke  KR di jalan Angeran Mangkubumi No. 40 Yogyakarta 55232.
Honor : Rp. 75.000, dapat diambil langsung atau melalului via rekening.
  • ·         Harian Jogja ( Harjo)
Nama rubric : Suara Mahasiswa
Hari tayang : Selasa
Tema : tematik. Tema ditentukan pihak redaksi.
Panjang tulisan : 3.500 karakter
Tips : Bahasa sederhana. Ada dua tempat yang disediakan tiap minggunya. Karenanya probabilitas tulisan anda dimuat dalam kolom ini cukup besar.
Pengiriman : Via email ( redaksi@harianjogja.com.) atau diantar langsung. Jangan lupa sertakan foto. Dateline pengiriman tiap hari senin pukul 12.00 siang.
Honor : Rp. 50.000  ( dapat diambil langsung atau melalui via rekening)
  • ·          Suara merdeka
Nama  rubric : Debat Mahasiswa
Hari tayang : Sabtu
Tema:  Tematik, ditentukan oleh pihak redaksi. Tiap tema biasanya digunakan dua sampai tiga pekan.
Panjang tulisan : 2.000 – 2.500 karakter
 Rubrik ini buatlah judul tulisan yang terdiri dari dua kata maksimal tiga kata. Judul dibuat langsung berdasarkan ide pokok yang anda tawarkan. Rubric ini tak menghendaki  tulisan yang bertele tele.
Pengiriman : via email ke kampus_sm@yahoo.com. Sertakan scan kartu mahasiswa dan foto.
Honor : Rp. 175.000 ( potong pajak 5 persen). Dapat diambil langsung  ke kantor perwakilan suara merdeka di jalan Namburan  ( alun – alun selatan ke Timur). Jika berada di daerah Semarang, pengambilan uang dapat dilakukan di kantor pusat Suara Merdeka Jalan Pandanaran No. 30, Semarang 50241. Telp redaksi : (024) 6580900. Faks. (024) 6580605. Selai itu pengambilan uang juga dapat dilakukan melalui via rekening.

            -Ci’neng-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar