Senin, 02 Januari 2017

4 makanan wajib saat PMS





Hallo sahabat perempuan, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan ya. saya akan memberikan informasi seputar kesehatan perempuan yang pastinya bermanfaat untuk kita semua.  Kali ini kita akan membahas mengenai 4 makanan wajib yang harus dikonsumsi pada saat PMS . langsung saja yuk kita lihat apa saja makanannya.

Menyambut datangnya haid sebagian besar perempuan sering mengalami Pre Menstrual Syndromen (PMS). Kram diperut bagian bawah (dysmenorrhea), kadang bisa menimbulkan nyeri hingga tidak bisa beraktivitas.  Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron merupakan mekanisme tubuh menghadapi mestruasi. Efeknya bisa meningkatkan suhu badan, sakit kepala, mood tidak stabil, dan lain lain. 

Diambil dari situs OTC DIGEST berikut ini merupakan 4 makanan wajib yang harus kamu konsumsi agar bisa mengurangi keluhan saat kamu PMS
1. Karbohidrat komplek, makana yang mengandung karbohidrat komplek dapat meredakan mood swing saat PMS. Riset yang dipublikasikan oleh the archive of internal medicine, mereka yang diet rendah karbohidrat lebih gampang mengalami depresi, gelisah, atau marah dibanding yang menyantap sumber karbohidrat berupa whole grain, seperti gandum utuh.

2. Makanan tinggi kalsium, terbukti mengurangi keluhan PMS. Dalam studi wanita, wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium setiap hari, dalam 3 bulan keluhan gangguan mood dan kelelahannya lebih ringah dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen kalsium.

3. Asupan 20 mg Zat besi/hari, menurut penelitian di Universitas Massachusetts di Amherst mengurangi gangguan PMS sampai dengan 35℅, dibanding mereka yang hanya mengkonsumsi 10 mg zat besi/hari .

4. Magnesium sesaat sebelum haid dalam tubuh menurun. Kondisi ini menyebabkan perubahan mood dan aktivitas otak. Magnesium dipakai untuk membantu mengatur neutrotransmitter serotonin diotak, yang memberi rasa nyaman. 

Selain ke empat makanan tersebut sahabat perempuan juga bisa mengkonsumsi buah pisang loh.  Buah pisang secara khusus dapat meningkatkan produksi melatonin, sehingga membantu keluhan sulit tidur yang dialami wanita saat PMS.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar